Jaimbum

Believe Yourself!

Review Book: Date Note



Catatan Kencan Sang Penulis

Oleh Nurjannah





Judul Buku                  : Date Note “Memoar Korban Cinta Bertepuk Sebelah Tangan”
Pengarang                   : Haris Firmansyah
Penerbit                      : Bentang Belia, Yogyakarta
Tahun                          : Februari 2012, cetakan I
Jumlah Halaman          : v+178 halaman

             
            Haris Firmansyah memang dikenal sebagai penulis nonfiksi berupa catatan harian. Catatan harian di akun facebook-nya pun adalah sebuah kisah nyata yang ia alami dalam kehidupan sehari-hari, dan catatan hariannya itu sudah menjadi sebuah buku nonfiksi berjudul Cacatan Harisan (2011) yang beredar on line. Haris telah banyak menulis berbagai cerpen yang dicetak dalam satu buku bersama dengan penulis lain, yang biasa disebut dengan antologi.
             
            Dalam rentang setahun, ia mengikuti berbagai lomba cerpen dan novel. Ia pun telah berhasil menerbitkan beberapa antologi hasil kemenangannya di berbagai lomba cerpen. Novel Date Note ini pun awalnya adalah peserta lomba, tetapi menjadi diterbitkan oleh pihak lomba dan dikeluarkan dari peserta lomba novel. Akhirnya, novel nonfiksi ber-genre komedi ini diterbitkan lebih dulu dari para peserta lomba novel yang masih dalam masa penilaian. Februari 2012, terbitlah Date Note dan menguasai toko buku di berbagai kota.
           
            Date Note merupakan novel nonfiksi remaja yang ber-genre komedi, jadi tak heran jika cerita di dalam buku ini memiliki gaya bahasa yang sangat teen dan gaul. Isi buku ini pun adalah kisah nyata yang telah dialami oleh sang penulis, dari kisah cinta di Sekolah Dasar sampai ia telah menjadi Mahasiswa di sebuah perguruan tinggi. Karena kisah di dalamnya adalah kisah nyata, demi menjaga identitas yang telah bersangkutan, ada beberapa nama tokoh yang disamarkan.
            Melalu cerita ini, kita akan menemukan berbagai hikmah di balik kekonyolan yang telah disajikan oleh sang penulis. Salah satu hikmah yang dikutip dalam novel tersebut, Kesetiaan yang sesungguhnya itu untuk pasangan kita yang halal (hal 165). Sebuah kalimat yang begitu menohok hati pembaca. Kisah yang disajikan memang tentang cinta, tentang bagaimana sakitnya cinta, bagaimana indahnya cinta, dan juga bagaimana membuat cinta itu menjadi suatu hal yang halal. Bukan hanya sekadar pacaran buat have fun, tapi lebih ke suatu hubungan yang serius.
            Novel ini begitu menarik, karena di dalamnya pun terdapat ilustrasi-ilustrasi yang lucu dan membuat pembaca tak bosan. Gaya bahasa yang remaja dan gaul pun menjadi nilai plus buat para remaja, karena seperti yang kita tahu sebagian remaja suka membaca buku yang tak terlalu ribet dengan bahasa. Komedi-komedi yang disampaikan di buku tersebut pun tak terlihat memaksa pembaca untuk tertawa, tetapi memang alami ingin membuat pembaca tertawa. Dan, pada akhirnya memang pembaca akan tertawa ketika membaca buku tersebut.
            Karena buku ini adalah kisah nyata, tak jarang pengalaman yang dikisahkan di dalamnya membuat pembaca terpikir dengan apa yang telah dialaminya. Ada yang berpikir, cerita tersebut mirip dengan kisahnya, ada yang mengingat masa lalu dan sebagainya. Ini membuat buku menjadi dekat dengan pembaca, dan itu adalah salah satu nilai lebih buku ini. Kaver buku ini pun sudah menarik pembaca untuk membelinya, membuat buku ini nyaris sempurna dari segala sudut pandang. Dalam pengetikan pun tak ada yang salah, membuat buku ini sangat sempurna. Hampir tak ada celah bagi pembaca mencari kekurangannya.
            Tak ada yang sempurna, begitu juga dengan buku ini. Ada satu hal yang bisa saja terjadi, seperti para sastrawan yang memang sudah ahli dalam bidangnya, akan menganggap buku ini tidak menarik dengan segala pendapatnya. Tapi, itu bukanlah hal yang begitu besar. Karena memang buku ini diperuntukkan kepada remaja, tapi bukan berarti hanya remaja saja yang boleh membacanya, mungkin orang tua yang mempunyai selera humor dapat mencoba menjadikan buku ini sebagai referensi.

                                        (Nurjannah, pelajar SMAN 1 Dolok Batu Nanggar)


           

0 Kritik & Saran:

Posting Komentar